Meresensi Buku Pengetahuan Populer


MERESENSI BUKU

 IDENTITAS BUKU

• Judul Buku          : Tanaman Obat Tradisional 2
• Pengarang          : Thomas A.N.S
• Tahun Terbit        : 2007
• Penerbit              : Kanisius, Yogyakarta
• Jumlah halaman   : 122 halaman
RANGKUMAN   :
                                                      Tanaman Obat Tradisional 2

Nenek moyang kita dengan pengetahuan dan peralatan yang sederhana telah mampu mengatasi masalah kesehatan. Kelebihan dari pengobatan dengan menggunakan ramuan tumbuhan secara tradisional tersebut ialah tidak adanya efek samping yang ditimbulkan seperti yang sering terjadi pada pengobatan kimia.
Dari penelitian dan pengujian para ahli telah diketahui adanya komposisi kandungan kimiawi obat-obatan yang terdapat pada jenis tumbuhan tertentu yang telah lama dipakai oleh nenek moyang kita sebagai ramuan obat tradisional.
Jenis tanaman obat tradisional yang banyak digunakan oleh nenek moyang kita antara lain, apel, bangle, belimbing asam, bunga matahari, cengkeh, ciplukan, cincau, daun ungu, halia, iler, kacapiring, kaki kuda, kamboja, kayu gambir, kayu putih, kecubung, kedelai, kelor, kenanga, ketepeng cina, lengkuas, meniran, patikan kerbau, petai cina,pisang, saga, salam, sirsak, tanduk rusa, tebu, wortel.

Apel ( Pyrus malus ) dapat hidup subur di daerah yang mempunyai temperature udara dingin. Apel dapat tumbuh dan berkembeng biak dengan baik apabila dibudidayakan pada daerah yang mempunyai ketinggian 1200m diatas permukaan laut. Tumbuhan ini digolongkan dalam keluarga mawar-mawaran. Khasiat dan manfaat untuk pengobatan adalah :
a) Diabetes Mellitus
b) Diare
 Bangle ( Zingiber cassamuner ) yang berasal dari India banyak ditanam oleh penduduk terutama warga pedesaan. Bangle dapat tumbuh di dataran tinggi maupun dataran rendah. Bangle memiliki zat yang rasanya pahit dan pedas. Pengembangbiakan tanaman ini dapat dilakukan dengan umbi rimpang. Khasiat dan manfaat untuk pengobatan :
a) Lemah Jantung
b) Gangguan Syaraf
c) Reumatik
 Belimbing Asam ( Averhoa bilimbi ) dapat tumbuh baik di tempat-tempat terbuka yang mempunyai ketinggian kurang dari 500m di atas permukaan air laut.Di negara asalnya yaitu Amerika Tropik, tanaman ini tumbuh baik di daerah tropis dan di Indonesia banyak dipelihara di pekarangan atau kadang-kadang tumbuh secara liar di ladang / di tepi hutan. Khasiat dan manfaat untuk pengobatan :
a) Batuk
b) Beguk
c) Encok
d) Sariawan
 Bunga Matahari ( helianthus annus ) adalah tanaman hias yang merupakan tumbuhan beriklim subtropics asli Kansas, Amerika Selatan. Bunga Mathari tergolong jenis aster, cocok hidup di daerah yang mempunyai kelembaban cukup dan memperoleh sinar matahari langsung. Dapat tumbuh di daerah dataran rendah sampai ketinggian 1500 m di atas permukaan air laut. Khasiat dan manfaat untuk pengobatan :
-Kencing Batu
 Cengkeh ( Syzygium aromaticum ) termasuk jenis tumbuhan perdu yang dapat memiliki batang pohon besar dan berkayu keras. Di Indonesia, cengkeh cocok ditanam baik di daerah dataran rendah dekat pantai maupun di pegunungan pada ketinggian 900 m di atas permukaan laut. Tumbuhan cengkeh akan tumbuh dengan baik apabila cukup air dan mendapat sinar matahari langsung. Khasiat dan manfaat untuk pengobatan:
a) Kolera dan Menambah denyut Jantung
b) Campak
c) Menghitamkan alis mata
 Ciplukan ( physalis minina ) merupakan tumbuhan liar, berupa semak/perdu yang rendah dan mempunyai umur kurang lebih 1 tahun. Tumbuhan ini tumbuh dengan subur di dataran rendah sampai ketinggian 1550 m di atas permukan laut, tersebar di tanah tegalan, sawah-sawah kering, serta dapat ditemukan di hutan-hutan jati. Khasiat dan manfaat untuk pengobatan :
a) Diabetes Mellitus
b) Sakit pparu-paru
c) Ayan
d) Borok
 Cincau ( cyclea barbata ) termasuk tumbuhan berbatang merambat, diameter lingkar batangnya kecil, kulit batangnya kasap dan berduri. Tumbuhan ini sering ditemukan di daerah terbuka tepi hutan atau semak belikar. Tetapi ada juga yang dipelihara dan merambat pada pagar rumah. Tumbuhan cincau cocok tumbuh di daerah yang mempunyai ketinggian 1000 m di atas permukan air laut. Khasiat dan manfaat untuk kesehatan :
a) Sakit perut dan hipertensi
b) Demam
 Daun ungu ( Graptophyllum pictum ) adalah tumbuhan perdu yang memiliki batang tegak, ukurannya kecil. Tumbuhan ini diduga merupakan tumbuuhan asli dari daerah Irian. Daun ungu cocok tumbuh di daerah dataran rendah sampai ketinggian 1250 diatas permukaan air laut. Khasiat dan manfaat untuk kesehatan :
a) Ambeien
b) Memperlancar Haid
c) Bisul
d) Reumatik / Encok
e) Melancarkan buang air seni
 Halia ( Zingiber officianale ) adalah tumbuhan liar di lading-ladang yang mempunyai kadar tanah agak basah. Halia merupakan tumbuhan daerah subtropis sampai tropis dan cocok ditanam pada dataran rendah sampai dataran tinggi ( 1500 m di atas permukaan laut ). Halia berasal dari Republik Rakyat Cina dan India. Khasiat dan manfaat untuk pengobatan :
a) Reumatik dan Encok
b) Mencegah Impoten
c) Keracunan Udang
d) Sakit pinggang dan keseleo
e) Capai dan Pegal-pegal
f) Sakit Kepala
g) BatukMencret atau muntah-muntah
 Iler ( Coleus scutellarioides ) merupakan tumbuhan semak. Iler dapat tumbuh subur di daerah dataran rendah sampai ketinggian 1500 m di atas permukaaan laut. Keistimewaan dari tumbuhan ini adalah sangat beraneka ragm jenis dan warna daun yang dimiliki. Khasiat dan manfaat untuk pengobatan :
a) Ambeien
b) Diabetes Mellitus
c) Demam dan Sembelit
d) Sakit perut
e) Datang bulan terlambat
f) Bisul
g) Abses
h) Luka borok
 Kacapiring ( Gardenia augusta ) tumbuhan ini lebih cocok tumbuh di daerah pegunungan atau lokasi yang tingginya lebih dari 400 m di atas permukaan laut. Kacapiring mudah tumbuh di sembarang tempat, baik daerah dingin maupun panas. Khasiat dan manfaat untuk pengobatan :
a) Diabetes Mellitus
b) Sariawan
c) Demam
d) Sukar buang air besar
 Kaki kuda ( Hydrocotyle asiatica ) merupakan tumbuhan jenis perdu liar yang cocok hidup di dataran rendah sampai ketinggian lebih kuang 2500 m di atas permukaan laut. Tumbuhan ini di daerah pedesaan biasa ditemukan di tempat-tempat yang berudara agak lembab dan memperoleh sinar matahari langsung. Khasiat dan manfaat untuk kesehatan :
a) Tifus
b) Busung
c) Sakit kepala
d) Influenza
e) Keracunan Jengkol
f) Ayan
 Kamboja (Plumeria acuminate ) tumbuh subur di dataran rendah sampai ketinggian tanah 700 m di atas permukaan laut. Kamboja mudah tumbuh hamper di semua tempat dan tidak memilih iklim tertentu untuk berkembang biaknya. Khasiat dan manfaat untuk pengobatan :
a) Kencing nanah ( gonorrhea )
b) Patek, puru ( frambusia )
c) Memulihkan bengkak
d) Bisul
 Kayu Gambir ( Clerodendrum calamitosum ) dapat tumbuh di dataran rendah sampai ketinggian 700 m di atas permukaan laut. Katu gambir sekarang mulai jarang ditemukan di tempat terbuka, ada di beberapa pekarangan penduduk yang justru memeliharanya sebagai tanaman hias atau juga sebagai tanaman obat. Khasiat dan manfaat untuk pengobatan :
a)Gigitan ular berbisa
b)Keracunan makanan
c)Perut kembung, luka bakar, bisul dan borok
 Kayu putih ( Melaleuca leucadendrom ) dapat tumbuh subur di Indonesia seperti Pulau Buru, Ambon, Seram. Tumbuhan ini diperkirakan asli dari Maluku dan Sulawesi lebih dikenal dengan nama Kayu Putih atau Gelam. Khasiat dan manaat untuk pengobatan :
a)Perut kembung
b)Luka atau koreng

Kecubung ( Datura metel ) termasuk tumbuhan jenis perdu yang mempunyai pokok batang kayu dan tebal. Kecubung cocok hidup di daerah dataran rendah sampai ketinggian tanah 800 m diatas permukaan laut. Pengembangbiakan tanaman ini melalui biji dan setek. Khasiat dan manfaat untuk pengobatan :
a)Asma ( Mengi atau Bengek )
b)Reumatik
c)Sakit pinggang / Bonyok, Pegel-linu, Memar dan Bisul
d)Eksim


 Kedelai ( glycine max ) berasal dari Daratan Cina. Kedelai sudah dibudidayakan sejak 1500 tahun sebelum masehi, dan baru masuk Indonesia, terutama Jawa sekitar tahun 1750. Kedelai paling baik ditanam di ladang dan persawahan antara musim kemarau dan musim penghujan.Khasiat dan manfaat untuk pengobatan:
a). Diabetes Mellitus
b). Sakit Ginjal
c). Reumatik
 Kelor ( Moringa oleifera ) digolongkan dalam jenis perdu. Tumbuhan ini berasal dari India. Di Jawa, tumbuhan ini sering dimanfaatkan sebagai tanaman pagar. Buah kelor berbentuk segitiga memanjang yang disebut klentang ( Jawa). Khasiat dan manfaat untuk pengobatan:
a). Sakit Kuning
b). Reumatik
c). Rabun Ayam
d). Sakit kuning
e). Sukar Buang Air
f). Cacingan
g). Biduren
h). Luka Bernanah

 Kenanga ( Canangium odoratum ) yang berasal dari Indonesia. Tumbuhan liar yang kini mudah tumbuh didaerah dataran rendah mulai ketinggian 25-1000 meter di atas permukaan laut.Khasiat dan manfaat untuk pengobatan:
a). Malaria
b). Sesak nafas
c). Bronkhitis
d). Jamu sehat

 Ketepeng Cina berasal dari Amerika Tropik ( Cassia alata ) merupakan jenis perdu yang besar. Tumbuhan ini tumbuh subur pada dataran rendah sampai ketinggian 1400 meter diatas permukaan laut.Khasiat dan manfaat untuk pengobatan: a). Cacingan
b). Eksim
c). Sakit kulit
 Lengkuas ( Lenguas galanga atau Alpinia galanga ) yang berasal dari India. Sering dipakai oleh para wanita untuk penyedap makanan. Rimbang umbi lengkuas selain berserat kasar juga mempunyai aroma yang khas.Khasiat dan manfaat untuk pengobatan: a). Reumatik
b). Sakit limpa
c). Membangkitkan gairah seks
d). Membangkitkan nafsu makan
e). Bronkhitis
f). Morbili
g). Panu
 Meniran ( Phylantus niruri) yang berasal dari Kawasan Tropik. Tumbuhan liar yang banyak ditemukan baik di hutan, lading, kebun, maupun pekarangan halaman rumah.Khasiat dan manfaat untuk pengobatan:
a). Sakit kuning f). Haid
b). Malaria g). Disentri
c). Ayan h). Luka bakar
d). Demam i). Luka koreng
e). Batuk j). Jerawat

Patikan kerbau yng berasal dari Kawasan Tropik ( Euphorbia hirta ) merupakan tumbuhan liar yang banyak ditemukan didaerah kawasan tropik. Patikan kerbau hidupnya merambat ( merayap ) ditanah.Khasiat dan manfaat untuk pengobatan :
a). Radang Tenggorokan
b). Bronkhitis
c). Asma
d). Disentri dan kencing darah
e). Radang Kelenjar susu / payudara bengkak
f). Eksim
 Petai cina ( Leucaena leucocephala ) adalah tumbuhan yang memiliki batang pohon keras dan berukuran tidak besar. Perkembangbiakannya selain dengan penyebaran biji yang sudah tuajuga dapat dilakukan dengan cara stek batang.Khasiat dan manfaat untuk pengobatan:
a). Diabetes millitus
b). Cacingan
c). Meningkatkan gairah seks
d). Luka baru dan bengkak
e). Tlusuben
 Pisang berasal dari Asia ( Musa paradisianca ) yang banyak ditemukan di indonesia. Sehingga ada pendapat yang mengatakan bahwa pisang berasal dari Indonesia. Ada 3 jenis pisang di Indonesia yang terdapat pula di seluruh dunia yaitu pisang ambon, pisang badak, pisang susu.Khasiat dan manfaat untuk pengobatan:
a). Sakit kuning
b). Keluarga berancana
c). Kanker paru-paru
d). Pendarahan usus besar
e). Pendarahan rahim
f). Mencegah pendarahan setelah melahirkan
 Saga ( Abrus precatorius ) termasuk jenis tumbuhan perdu dengan pokok batang berukuran kecil dan merambat pada inang membelit-belit ke arah kiri.Khasiat dan manfaat untuk pengobatan :
a). Amandel
b). Sariawan
c). Radang mata
 Salam yang berasal dari kawasan Asia Tenggara ( Eugenia polyantha ) tumbuh subur diatas tanah dataran rendah sampai ketinggian 1400 meter diatas permukaan laut. Tumbuhan ini banyak tumbuh liar di hutan/sengaja ditanam ditanam di kebun untuk dipetik daunnya sebagai bumbu penyedap masakan.Khasiat dan manfaat untuk pengobatan:
a). Diabetes millitus
b). Maag
c). Mabuk minuman keras
 Sirsak ( annoma muricata ) berupa tumbuhan atau pohon yang berbatang utama berukuran kecil atau rendah. Nama sirsak sendiri berasal dari bahasa Belanda Zuurzak yang kurang lebih berartikantung yang asam.Khasiat dan manfaat untuk kesehatan:
a). Ambeien
b). Sakit kandung air seni
c). Bayi mencret
d). Anyang-anyangen
e). Sakit pinggang
f). Bisul
 Tanduk rusa ( Paltycerum coronarium ) yang berasal dari Amerika Selatan. Tumbuhan ini termasuk jenis paku-pakuan. Tumbuhan ini sering digunakan sebagai tanaman hias karena pesona juntaian daunnya yang indah. Tumbuhan ini mempunyai sifat epifit. Pengembangbiakannya dilakukan dengan spora atau dengan memindahkan akar rimpangnya.Khasiat dan manfaat untuk pengobatan:
a). Demam
b). Radang rahim luar
c). Haid tidak teratur
d). Bisul
e). Abses
 Gula putih adalah salah satu hasil dari pengolahan batang tumbuhan tebu ( Sacharum officinarum ). Tumbuhan ini berasal dai India dan Polinesia ( termasuk Indonesia ). Di Indonesia banyak macam jenis tebu, di antaranya tebu( Cirebon ) hitam, tebu kasur, POJ 2364,EK 28, POJ 2878.Khasiat dan manfaat untuk pengobatan:
a). Meredakan jantung berdebar
b). Sakit panas
c). Batuk
 Wortel ( Daucus carota 0 adalah tumbuhan sayur yang ditanam sepanjang tahun. Terutama didaerah pegunungan yang memiliki udara dingin dan lembab, kurang lebih pada ketinggian 1200 meter diatas permukaan laut. Tumbuhanini berasal dari Afrika selatan.Khasiat dan manfaat untuk pengobatan:
a). Kejang jantung
b). Eksim
c). Cacing kremi
d). Mata minus


# oleh : Octafika E.P

0 komentar:

Post a Comment